S E L A M A T D A T A N G

Minggu, 05 Mei 2013

Menjadi Pribadi Mandiri





                                        Menjadi Pribadi Mandiri

1.      Mandiri itu fitrah manusia.
                Langkah awal meningkatkan kwalitas pribadi adalah memahami diri dan menyadari siapa diri kita ? Kesadaran diri (self awarness) adalah salah satu bentuk kecakapan dan ketrampilan. Sudahkah kita cakap dan trampil dalam kedua aspek tersebut :
1)      Kesadaran diri sebagai individu : sebagai seorang hamba tuhan , peserta didik dan satu-satunya makhluk yang mulia.
2)      Makhluk tuhan sebagai komunitas makhluk sosial.Disamping itu manusia sebagai makhluk individu. Manusia sebagai makhluk individu bertanggung jawab terhadap individu ,berkomunikasi dengan individu dirinya sendiri dan berkomunikasi dengan sesama makhluk hidup dan sesama manusia, serta berhubungan dengan Tuhan sebagai sang pencipta.

2.      Manusia Perlu Mandiri .
                 Mandiri sebagai fitrah manusia yang senantiasa harus selalu dikembangkan oleh setiap insan manusia. Pada hakekatnya manusia sebagai makhluk relegi, makhluk individual yang harus selalu mempertanggungjawabkan segala perbuatannya dan sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk individu yang senantiasa harus selalu mengembangkan kemampuan kemandiriannya. Merupakan fitrah manusia bahwasanya manusia itu harus selalu mampu untuk menciptakan kemandirian.

                 3.  Visi Dan Misi Serta Sasaran
               Visi merupakan pandangan terhadap cara berfikir, pandangan atau cita-cita manusia terhadap langkah-langkahnya kedepan. Visi dapat dinyatakan juga sebagai cita-cita manusia didalam hidupnya. Manusia sebagai makhluk yang dikaruniai oleh tuhan sebagai makhluk yang memiliki fikiran atau makhluk yang berfikir, oleh sebab itu manusia harus benar-benar memanfaatkan atau memakai fikirannya didalam segala prilakunya dan segala tingkahlakunya. Manusia perlu memikirkan cita-citanya, agar semakin dapat tertata kehidupannya di masa yang akan datang. Apalagi sebagai siswa atau peserta didik sangat perlu memikirkan bagaimana gambaran kehidupannya dimasa yang akan datang , apa cita-citanya untuk kehidupan dimasa yang akan datang ? Sehingga dapat dinyatakan visi atau cita-cita bagi siswa atau peserta didik dan manusia pada umumnya sangat penting. Hal demikian perlu dimaklumi karena dengan memiliki visi atau cita-cita maka akan dapat memberikan arahan berfikir, berperilaku bagi siswa atau peserta didik dan manusia pada umumnya, sehingga mereka akan semakin terarah dan semakin dapat tertata untuk dapat mencapai tujuannya atau cita-citanya.
                Misi merupakan langkah-langkah untuk mencapai visi. Misi merupakan bentuk tingkah laku nyata untuk mencapai visi atau cita-cita. Agar cita-cita dapat tercapai memang perlu ada tindakan nyata atau tingkah laku nyata yang harus dilalui.
             Sasaran merupakan penjabaran dari misi kedalam bentuk target dan langkah-langkah yang operasional agar mudah dilaksanakan. Sasaran dapat dirumuskan dalam bentuk program kegiatan yang lebih khusus dalam rentangan waktu yang lebih singkat 6 bulan atau 1 tahun, atau 3 tahun mendatang.

                           Berikut ini contoh visi, misi dan sasaran.

No
  Visi
      Misi
   Sasaran
1
Saya ingin
1.Menumbuhkan
1.Dalam 6

menjadi
 semangat
Bln sampai

Guidance
 belajar
dengan 3

Bhs.inggris
 Bhs.Inggris.
Thn yang


2.Meningkatkan
akan datang


keimanan dan
rajin belajar


mensucikan diri.
Bhs.Inggris.


4.      Pribadi Mandiri Cermat Mengelola Waktu.
            Setiap orang dikaruniai waktu secara adil dan volumenyapun sama. Pertahun sama-sama 12 bulan, sebulan 30 hari, sehari 24 jam, setiap jam 60 detik, dan permenit 60 detik.  Kiat manajemen waktu itu mudah saja. Bertindaklah adil dan konsisten! Penuhilah hak-hak waktu ! Dalam waktu-waktu kita ada hak-hak untuk belajar, beribadah, berkidmat kepada orang tua , sesama, beristirahat, dan lain-lain. Ada beberapa prinsip dalam manajemen waktu : hindari kekosongan akal, hindari kekosongan hati, hindari kekosongan jiwa.

5.      Pribadi Mandiri Memiliki Kepribadian Dan Kesehatan.
                 Kesehatan merupakan investasi yang sangat berharga bagi manusia. Dengan jiwa dan raga yang sehat manusia dapat melakukan aktifitas yang maksimal. Kiat sederhana yang dianjurkan :
1)      Perkuat dan perbanyak hubungan dengan sang maha Pencipta.
2)       Ketenangan dan kebahagiaan hakiki manusia terletak dalam amal agama dan iman yang sempurna.
3)      Berusaha memiliki pandangan yang optimis.4)Biasakan hidup bersih badan dan bersih hati pikiran.

6.      Pribadi Mandiri Cakap Mengambil Keputusan.
                Siapapun anda setiap saat selalu dituntut untuk membuat keputusan. Baik keputusan untuk skala pribadi, keluarga, lingkungan sosial, maupun organisasi atau instansi tempat bekerja. Keputusan selalu diperlukan untuk mengatasi permasalahan, bahkan dalam setiap langkah. Apa yang harus dilakukan ketika harus membuat keputusan ?
                Sebuah keputusan baik itu mendesak atau terencana harus punya langkah-langkah antara lain :
1)      Mengumpulkan data atau informasi yang memadahi.
2)      Mengkaji sebab akibat dan prediksi kedepan.
3)      Menemukan alternatif-alternatif, pilihan-pilihan pemecahan masalah.
4)      Menganalisis kelebihan dan kekurangan setiap alternatif.
5)       Membuat keputusan dan melaksanakannya.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar